5 Mitos Menyesatkan Soal Makanan

| Minggu, 08 Januari 2012 | |

1. GULA MENYEBABKAN DIABETES

http://rumahgula.site90.com/gulapasir.jpg
Jika Anda penderita diabetes, Anda perlu memperhatikan asupan gula dan karbohidrat untuk menjaga kadar gula darah. Bila bukan diabetesi, asupan gula tak menyebabkan diabetes. Yang benar, makanan tinggi kalori, termasuk banyak minum dan makan manis, kegemukan, dan tak pernah olahraga adalah faktor risiko utama penyebab penyakit diabetes tipe 2.

2. SEMUA LEMAK BURUK

http://organikganesha.files.wordpress.com/2009/09/omega3.jpg?w=477
Kita semua butuh lemak karena lemak membantu penyerapan vitamin A, D, E, K, transmisi saraf, dan menjaga integritas membran sel. Namun, ketika dikonsumsi berlebihan, lemak menyebabkan peningkatan berat badan, penyakit jantung, dan kanker. Tentu tidak semua lemak buruk. Pilihlah lemak baik yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dalam pola makan sehari-hari. Lemak tak jenuh ini terdapat pada ikan dan kacang-kacangan.

3. TURUNKAN KOLESTEROL DENGAN PANTANG SEAFOOD

http://www.jenzcorner.com/gallery/sb.jpg
Kuncinya adalah konsumsi dalam jumlah wajar karena seafood memang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol dalam tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh lemak jenuh dantrans fatty acid. Keduanya ini terdapat dalam daging merah dan makanan kemasan olahan.Trans fatty acidsnack kemasan, gorengan, atau margarin yang berisi minyak hydrogenated. terdapat di

4. HINDARI KARBOHIDRAT AGAR BERAT BADAN CEPAT TURUN

http://inidanitu.com/files/2009/06/22_carboholic.jpg
Pesan utama diet rendah karbohidrat adalah karbohidrat mempercepat produksi insulin yang ujung-ujungnya akan menambah berat badan. Namun, membatasi asupannya secara berlebihan bisa membuat tubuh kekurangan karbohidrat untuk kegiatan harian. Akibatnya, tubuh akan membakar cadangan karbohidrat untuk energi, dengan melepaskan air. Itulah sebabnya Anda kehilangan banyak air ketika diet rendah karbohidrat.

5. TIDAK MAKAN MALAM MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN

Banyak orang berpikir, makan lebih sedikit berarti mempercepat penurunan berat badan. Mereka tidak tahu, ketika tak makan, tubuh berpikir kita sedang kelaparan dan karenanya memperlambat proses metabolisme. Kita pun cenderung makan banyak sesudah melewati waktu makan. Karena itu, jangan lewatkan waktu makan. Cara yang sehat adalah makan sering tetapi dalam porsi kecil agar gula darah terus seimbang.

0 komentar:

Posting Komentar